Tips Buat Kamu Yang Akan Masuk Kuliah

Kuliah, jenjang pendidikan baru sekaligus lingkungan belajar baru. Sebenernya kuliah tidak berbeda jauh dengan sekolah, isinya belajar, duduk dan dengerin penjelasan materi di dalem kelas, tapi ketika berada di jenjang kuliah setiap sampean dituntut untuk mandiri dalam belajar.

Bagi anak yang baru lulus SMA, memilih universitas sama sulitnya dengan milih calon presiden. haha

Di tulisan ini akan saya bagikan sedikit tips bagi sampeyan yang baru dan akan memasuki jenjang kulaih

1.Tentukan Jurusan
     Bagi siswa yang baru lulus, memilih jurusan adalah hal krusial yang akan menentukan tingkat kepusingnya keberhasilannya menjalani aktifitas perkuliahan. Tips memilih jurusan, pilihlah jurusan yang bener bener sampean sukai dan minati, kalo sampean seneng dengan komputer dan tetek bengeknya masuklah Informatika, kalo sampean suka listrik dan setrumnya masuklah Elektro, kalo sampean suka duit masuklah Akuntansi. Satu hal terpenting dalam memilih jurusan, libatkanlah orangtua sampean untuk berdiskusi, mintalah sarannya tentang jurusan yang mungkin menyelamatkan masa depan sampean.

     Biasanya orangtua akan menyarankan jurusan dengan peluang kerja terbesar setelah lulusnya, contohnya farmasi dan TI. Tapi ingat, jangan sampe berantem dengan orangtua gara-gara orangtua ngotot pengen sampean masuk jurusan yang disarankannya, kalo sampean sudah punya pilihan jurusan yang sampean rasa bisa sampean kerjakan dengan all out, ngototlah pilih jurusan itu, saya yakin orangtua sampean bakal mengalah. ^_^

2. Rundingkan Pembiayaan
     Masalah biaya biasanya tak kalah rumit penentuannya dengan masalah pemilihan jurusan. Saran saya masih sama, rundingkanlah dengan orangtua sampean bagaimana pembiayaan kuliah sampean nanti, apakah akan patungan, full ditanggung orangtua atau full sampean tanggung (bagi sampean yang pekerja). Toh, berapapun umur sampean, nggak ada salahnya kan meminta saran orangtua ?

     Nah, kalau biaya kuliah sampean tanggung full karena sampean juga bekerja, mintalah kepastian dan kesiapan orangtua sampean untuk mem-backup dana kuliah jikalau suatu waktu keuangan sampean tengah carut marut.

3. Atur Waktu
     Sebagai anak kuliahan baru, tentunya sampean akan mengalami shock dengan jadwal baru, aturlah jadwal tersebut sehingga tidak membebani sampean. Saran saya, di semester awal biasanya sampean akan disuguhi tudas yang bejibun jumlahnya, kerjakanlah tugas yang diberikan hari senin pagi pada senin sore atau malam, tugas selasa pagi kerjakanlah selasa sore atau malam dan begitu seterusnya. Dengan jadwal yang ketat seperti ini mungkin sampean akan dibuat kelelahan, aturlah waktu istirahat dan jangan lupa jalan-jalan, biar nggak ngebul pikiranmu.

     Apesnya jadwal seperti ini mungkin dirasa berat bagi sampean para pekerja yang kuliah malam, sudah paginya harus kerja, malamnya kuliah, larut malam ngerjain tugas, dan paginya harus bangun dan kerja lagi. Lalu bagaimana menyiasatinya ? Saya contohnya, weekend adalah waktu bagi saya menyelesaikan tugas yang sudah saya kerjakan separuh saat weekdays, tentu saja saya tidak sendiri, biasanya saya mengerjakan di rumah temen sekalian refreshing, yah biarpun itu sekedar main PS atau nyari wifi di taman.

4. Siapkan Niat, Tekad dan Nekat
    Niat dan tekad adalah 2 hal yang memengaruhi tingkat semangat sampean, tapi sampean juga perlu nekat untuk beberapa hal, contohnya nekat buat nargetin IP diatas 3 padahal kemampuan sampean mungkin cuma bisa sampe 2.5. Terobos saja kemampuan sampean.

5. Susun Rencana
    Susunlah rencana, seperti jadwal belajar, jadwal ngerjain tugas, jadwal bekerja dan jadwal mbayar biar sampean nggak ketinggalan. haha

Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat. ^_^

Saya yang mana cobak ?

Hai, saya Admin blog ini, Anto !

Jikalau tulisan saya bermanfaat monggo share it ! ^_^

Comments

6 komentar:

  1. bagus tipsnya, memang kalau mau kuliah harus pasang strategi
    kadangkala kepintaran gak terlalu berpengaruh, cerdas dan strategi harus diperhatikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepakat, ini aslinya saya curhat loh haha

      Hapus
  2. bagus ini gan tips nya, sekarang lagi musim mahasiswa baru, semoga aja mereka pada baca info ini, thanks gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah matur tengyu om, semoga ada yang bersedia meluangkan waktu buat baca tulisan saya ^_^

      Hapus