Dari Solo Masih Kemana ?

Saya sudah beberapa kali menceritakan diri saya di blog ini sebagai anak muda tampan, perantau dari Kabupaten Nganjuk yang saat ini berada di Kota Tangerang Selatan. Tapi, kali ini saya tidak akan menceritakan perihal proses kesasarnya saya di kota ini, melainkan pengalaman unik dan menggelitik.

Mungkin sudah digariskan Tuhan bahwa nasib perantau akan menghadapi pertanyaan basa basi seperti "Emang asalnya dari mana ?", dan pasca pertanyaan itu, khusus perantau dari Jawa Tengah, Yogyakarta serta Jawa Timur akan disambung dengan pertanyaan "Dari solo masih jauh ?". Dan saya pun terbiasa menghadapi pertanyaan seperti ini setiap kali bertemu dan berkenalan dengan orang baru.

Yang jadi pertanyaan bagi saya adalah, apakah orang orang yang melemparkan pertanyaan semacam ini tidak memiliki sebuah benda bernama peta ? atau memang tidak mengetahui letak kota Solo itu di Jawa Tengah dan saya berasal dari Jawa Timur ? atau mungkin saja mereka kehabisan kata untuk basa basi ?

Masalahnya, kalo yang nanya orangnya kucel dan nggak pernah piknik sih wajar, lha ini orangnya necis dan nggak kelihatan seperti orang yang kurang piknik, kan pengen nampol bawaannya.

Duh, sabar, sabar.

gambar milik : irawanism.wordpress.com

Hai, saya Admin blog ini, Anto !

Jikalau tulisan saya bermanfaat monggo share it ! ^_^

Comments

18 komentar:

  1. kalau saya kan orang Wonogiri, nah kalau ditanya orang biasanya ngkunya orang Solo, pun demikian dengan tettangga2 kabupaten lain seperti Sukoharjo, Sragen, karanganyar, pasti tiap merantau ditanya dari mana , jawabnya dari Solo :)

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. percaya mas, percaya, daripada dilemparin hahaha

      Hapus
  3. Lah, emang Nganjuk masih jauh dari Solo? :-P *digampar. Hahahahaha. Wajar Om, keknya emang belom kesampean aja maen ke Solo, jadi nanya, kali aja punya tips murah maen ke Solo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om ? aku merasa sakit kalo dipanggil om. heuheuheu

      mungkin juga begitu sih kang.

      Hapus
  4. Hahaha, kisah yang sama.. Orang jawa barat memang seakan-akan sulit membedakan mana jawa tengah dan mana jawa timur.. digebuk roto dengan sebutan "orang jawa

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha dan yang ditanya juga pasrah aja, pokoknya iya, dari jawa haha

      Hapus
  5. Cara aman menghindari basa basi

    BalasHapus
  6. itulah ya mas..kadang kalau kita kedaerah mana....pasti yang menjadi pertanyaan orang dari mana...misalkan saya di kalimantan barat...lalu ada orang cerita kalau dia punya saudara yang bernama agus dan tinggal di samarinda...lalu saya ditanya "kenal gak mas atau jauh gak mas sama tempat aus itu?" sebenarnya saya susah menjawabnya karena luas pulau kalimantan kan lima kli pulau jawa....dan dari pontianak ke samarinda itu kalau ditempuh dengan mobil bisa sampai 5 atau 6 harian mas....kecuali pake pesawat....tapi kadang banyak yang maksa kalau tempat itu kedua bberdekatan....jadinya saya bingung sendiri....

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, betul mbah, sering banget pertanyaan model begitu, ditanya kenal sama si itu si itu gak, padahal mah jauhnya udah kayak lompatan Hulk..

      Hapus
  7. menggelitik juga nih ceritanya, wkwkwkw....

    BalasHapus
  8. kalau saya sih orangnya baik-baik saja... hihihihi
    tersesat! pernah,,, tersesat di hati orang.. hehehe

    BalasHapus
  9. Ada ga yg nanya "nganjuk itu daerah mana?" :D

    BalasHapus